C. Hijrah ke habsyi

Penindasan dan penyiksaan kafir Quraisy semakin keras membuat Nabi Muhammad subhanahu wa ta'ala dan berikut yang berpikir untuk menyelamatkan diri dalam kondisi tersebut turun surat az-zumar yang berisi perintah hijrah Allah. SWT  berfirman artinya

Artinya:Katakanlah: hai hamba-hambaku beriman bertakwa kepada Tuhanmu orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan dan bumi Allah itu adalah luas sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Ws. Az-zumar(39:10) 

Nabi Muhammad SAW memerintahkan kaum muslim agar hijrah ke habasyah, karena karena raja habsyah,Ashimmah An-Najasyi, adalah seorang raja adil maka bulan Rajab tahun kelima kenabian hijrah kelompok pertama terdiri dari dua orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Usman bin Affan, yang hijrah bersama istrinya Sayyidah Rukayah putri Rasullulah SAW dan hijrah ke habasyah terdiri dua kali rohaya kembali bersama suaminya utsman bin Affan bergabung dengan kelompok hijrah kedua kafir Quraisy khawatir  akibat dari hijrah habasyah Mereka takut Islam menyebar ke luar Mekah dan nanti mereka akan mendapatkan bantuan dengan pertolongan dari luar Makkah akhirnya kafir Quraisy mengirimkan dua orang utusan yang cerdas yaitu Abdullah bin Abi rabi ah dan Amr bin Al-Ash bin wali As-sahmi pun  mengumpulkan hadiah-hadiah yang akan dibawa keduanya untuk An-Najasyi. Mereka ingin merusak hubungan baik antara An-Najasyi. dan orang orang yang hijrah. Dua orang utusan kaum Quraisy itu pergi ke habasyah. mereka menyerahkan hadiahnya kepada raja hapsah mereka meminta raja agar mengembalikan kepada mereka orang-orang yang meninggalkan agama mereka Raja Habasyah. menolakkan dan sikapnya bahwa semua yang ada di tempatnya akan berada dalam perlindungannya dengan amal kedua utusan kembali ke Mekkah dengan tangan dan  memberitahu sikap raja habasyah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7a Gedung Baru Di MTsN 2 SAMPANG

7a_Aplikasi tambahan yang Dipasang Di hp aku